tag:blogger.com,1999:blog-23332063244027422172024-02-08T06:55:23.274-08:00Yuni Kurniawatiridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.comBlogger11125tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-30662847160138864622011-01-20T01:06:00.001-08:002011-01-20T01:06:47.848-08:00Kabel UTP Tipe Straight<br />
<br />
OK. Sekarang saya kan bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:<br />
<br />
1. Kupas ujung kabel sekitar 1 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.<br />
2. Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.<br />
3. Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.<br />
<br />
Urutan Pin Jack RJ-45<br />
4. Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:<br />
* Orange Putih pada Pin 1<br />
* Orange pada Pin 2<br />
* Hijau Putih pada Pin 3<br />
* Biru pada Pin 4<br />
* Biru Putih pada Pin 5<br />
* Hijau pada Pin 6<br />
* Coklat Putih pada Pin 7<br />
* Coklat pada Pin 8.<br />
<br />
Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack.<br />
5. Masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.<br />
<br />
Sekarang Anda sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.<br />
Susunan kabel UTP tipe straight bisa Anda lihat pada gambar di bawah:<br />
Kabel UTP Tipe Straight<br />
Kabel UTP Tipe Cross<br />
<br />
Cara memasang kabel UTP tipe straight sudah saya jelaskan tadi. Sekarang saya bahas mengenai cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP tipe straight yaitu:<br />
<br />
* Orange pada Pin 1<br />
* Orange Putih pada Pin 2<br />
* Hijau pada Pin 3<br />
* Biru pada Pin 4<br />
* Biru Putih pada Pin 5<br />
* Hijau Putih pada Pin 6<br />
* Coklat Putih pada Pin 7<br />
* Coklat pada Pin 8.<br />
<br />
Untuk ujung kabel yang kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapaun susunan warnanya adalah sebagi berikut:<br />
<br />
* Hijau Putih pada Pin 1<br />
* Hijau pada Pin 2<br />
* Orange Putih pada Pin 3<br />
* Biru pada Pin 4<br />
* Biru Putih pada Pin 5<br />
* Orange pada Pin 6<br />
* Coklat Putih pada Pin 7<br />
* Coklat pada Pin 8.<br />
<br />
Susunan kabel tadi bisa Anda lihat pada gambar di bawah.<br />
<br />
Kabel UTP Tipe Cross<br />
Hasil akhir kabel UTP tipe cross akan seperti ini:<br />
<br />
Hasil Akhir kabel cross<br />
Kesimpulannya adalah jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua.<br />
<br />
Demikian tutorial cara memasang kabel UTP tipe straight dan tipe cross. Semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda menemukan kesalahan pada artikel ini mohon dikoreksi melalui kotak komentar. Terima kasih.<br />
VN:F [1.9.6_1107]ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-50752354833577931492011-01-18T22:46:00.000-08:002011-01-18T22:46:06.103-08:00Penyambungan Kabel UTP untuk Straight Cable dan Crossover Cable<br />
<br />
sore ini saya akan memostingkan tentang Penyambungan Kabel UTP untuk Straight Cable dan Crossover Cable. dalam dunia jaringan komputer tentunya tidak lepas dengan yang namanya kabel UTP. untuk menyambungkan atau meng-koneksikan komputer satu dengan komputer lainnya ada yang memerlukan kabel-kabel sebagai media transmisinya. kabel UTP ini adalah salah satu kabel yang digunakan untuk jaringan. kabel UTP ini di mempunyai beberapa macamnya. diantaranya yaitu Straight Cable dan Crossover Cable. masing-masing kabel mempunyai kegunaan dan fungsi sendiri-sendiri.<br />
kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Straight Cable dan Crossover Cable. langsung saja deh ke pokok permasalahnnya.<br />
<br />
<br />
a). Straight<br />
penyambungan dengan sistem straight ini biasanya dilakukan untuk mengkoneksikan komputer dengan hub, dengan kata lain ini biasa digunakan untuk topologi star.<br />
nah ini merupakan cara penyambungan kabel straight.<br />
<br />
pada kedua ujung kabel ini memiliki penyusunan warna kabel yang sama. yaitu ujung kabel 1 : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.<br />
begitu juga dengan ujung kabel 2: putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.<br />
2). Crossover<br />
Crossover ini merupakan gabungan antara straight dan cros. kabel crossover biasa digunakan untuk menyambung komputer dengan komputer (client dengan client). karena ini merupakan gabungan antara dua kabel, maka dalam susunan kabelnya pun antara ujung satu dengan ujung yang kedua berbeda. ujung satu disusun dengan penyusunan kabel straight dan ujung satunya lagi cros.<br />
di bawah ini merupakan gambar dan penjelasannya:<br />
<br />
pada ujung satu disusun dengan menggunakan kabel cros, yaitu : putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, dan putih coklat, coklat. dan pada ujung kedua disusun dengan menggunakan kabel straight, yaitu : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-52672298838906785842011-01-17T00:22:00.001-08:002011-01-17T00:22:06.672-08:00<h3 class="post-title entry-title"> <a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2008/10/jenis-jenis-e-mail.html">JENIS-JENIS E-MAIL</a> </h3><div class="post-header"> </div><span class="awal">E</span>-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau prangko, melainkan cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang dan waktu.<br />
E-mail merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Setidaknya setiap orang yang mengakses Internet, mereka pasti tidak lupa memeriksa kotak masuk (inbox) dalam e-mailnya, karena hanya inilah sarana pengiriman surat yang paling murah di dunia.<div class="fullpost"><br />
<br />
FITUR APA YANG ADA DALAM E-MAIL ?<br />
E-mail tidak hanya digunakan semata-mata untuk berkirim-kiriman surat elektronik, namun seiring perkembangannya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail, antara lain:<br />
- Mengirim e-mail berupa tulisan, teks, dan gambar.<br />
- Mengirim e-mail dalam format grafik dan editing HTML.<br />
- Mengirim kartu elektronik dan animasi gambar (hanya dengan bantuan provider tertentu).<br />
- Mengirim file (attachment) berupa foto, gambar, suara, bahkan musik.<br />
- Mengirim SMS (hanya operator tertentu)<br />
- Mengirim satu pesan kepada beberapa alamat e-mail sekaligus.<br />
- Dan lain-lain...<br />
<br />
JENIS-JENIS E-MAIL<br />
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.<br />
<br />
a. Pop Mail<br />
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda<br />
Kelebihannya :<br />
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. <br />
Kekurangannya :<br />
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat<br />
<br />
b. Web Based Mail<br />
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web<br />
Kelebihannya :<br />
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja <br />
Kekurangannya :<br />
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.<br />
<br />
c. Email Forwarding<br />
Kelebihannya :<br />
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.<br />
Kekurangannya :<br />
• Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tujuan.</div><h3>Baca Juga :</h3><div id="data2007"><div><b>Internet dan Komputer</b><ul><li><a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2010/02/tips-download-file-di-ziddu.html">Tips download file di ziddu</a></li>
<li><a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2009/09/operamini-5-beta.html">Operamini 5 Beta</a></li>
<li><a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2009/08/download-aplikasi-office-tab-untuk.html">Download Aplikasi Office Tab Untuk Microsoft Office Anda</a></li>
<li><a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2009/05/etika-penulisan-email.html">Etika Penulisan Email</a></li>
<li><a href="http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2008/10/cara-mengakses-friendster-via-opera.html">Tips Mengakses Friendster Via Opera Mini</a></li>
</ul></div></div>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-31076990228305498682011-01-17T00:12:00.001-08:002011-01-17T00:12:59.393-08:00<div id="datebar"> <div id="datebarleft"> <h2 class="date-header">2008-02-27</h2></div><div id="datebarright"> </div></div><a href="" name="6507883658219019629"></a> <h3 class="post-title entry-title"> <a href="http://yudhim.blogspot.com/2008/02/sejarah-internet.html">SEJARAH INTERNET</a> </h3>Dikutip dari<br />
http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html<br />
A.Internet<br />
1.Pengertian Internet<br />
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu<br />
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,<br />
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis<br />
hingga yang dinamis dan interaktif.<br />
2. Sejarah internet<br />
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.<br />
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.<br />
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk<br />
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer<br />
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama<br />
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu<br />
sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.<br />
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan<br />
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung<br />
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang<br />
penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET<br />
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London<br />
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan<br />
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob<br />
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal<br />
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.<br />
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil<br />
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun<br />
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk<br />
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,<br />
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France<br />
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana<br />
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.<br />
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka<br />
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982<br />
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita<br />
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal<br />
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,<br />
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup<br />
USENET.<br />
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984<br />
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain<br />
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi<br />
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan<br />
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.<br />
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan<br />
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling<br />
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000<br />
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling<br />
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa<br />
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk<br />
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.<br />
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui<br />
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun<br />
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama<br />
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di<br />
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator<br />
1.0.<br />
3. Manfaat internet<br />
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai<br />
akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi<br />
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,<br />
sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,<br />
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum<br />
komunikasi.<br />
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,<br />
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat<br />
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat<br />
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat<br />
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa<br />
mengenal batas jarak dan waktu.<br />
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya<br />
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari<br />
masyarakat informasi dunia.<br />
B. Web Site atau Situs<br />
1.Pengertian Web Site atau Situs<br />
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk<br />
menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu<br />
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan<br />
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.<br />
2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs<br />
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat<br />
berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam<br />
situs antara lain:<br />
a. Domain Name Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat<br />
permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs<br />
atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan<br />
situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah<br />
URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--<br />
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.<br />
Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:<br />
1. Generic Domains(gTLDs)<br />
Merupakan domain name yang berakhiran<br />
dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top<br />
level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun<br />
dapat mendaftar.<br />
Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".<br />
Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan<br />
(education)<br />
Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)<br />
Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)<br />
Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).<br />
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)<br />
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second<br />
level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini<br />
dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini<br />
berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan<br />
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut<br />
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:<br />
Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah<br />
Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan<br />
Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia<br />
Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia<br />
Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori<br />
"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain<br />
Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia<br />
Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan<br />
seperti SD, SMP dan atau SMU<br />
Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang<br />
melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.<br />
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak<br />
ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.<br />
Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka<br />
tertentu(tahunan).<br />
b. Hosting<br />
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat<br />
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan<br />
di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang<br />
disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat<br />
dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.<br />
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan<br />
harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hosting<br />
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan<br />
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.<br />
c. Scripts/Bahasa Program<br />
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang<br />
pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya<br />
sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs<br />
semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat<br />
dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.<br />
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts<br />
yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,<br />
Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP<br />
dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,<br />
dan interaktifnya situs.<br />
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual<br />
scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena<br />
sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan<br />
untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi,<br />
email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus<br />
Jilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).<br />
d. Design Web<br />
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur<br />
situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan<br />
kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung<br />
akan bagus tidaknya sebuah web site.<br />
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web<br />
designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu<br />
diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin<br />
banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung<br />
pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula<br />
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari<br />
seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.<br />
e. Publikasi<br />
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh<br />
masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung<br />
dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada<br />
masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.<br />
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan<br />
pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih<br />
kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif<br />
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui<br />
search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia,<br />
dsb)<br />
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang<br />
gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine<br />
terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar,<br />
walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine<br />
dan dikenal oleh pengunjung.<br />
3. Pemeliharaan Web Site atau Situs<br />
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai<br />
yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain<br />
sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau<br />
monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.<br />
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu<br />
atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak<br />
rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel,<br />
organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk<br />
situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-26173308400550997392010-11-23T19:02:00.001-08:002010-11-23T19:02:47.800-08:00Topologi Ring adalah Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node node. Signal mengalir mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan data yang sangat cepat.<br />
<br />
Semua komputer saling tersambung membentuk lingkaran. Data yang dikirim diberi adress tujuan sehingga dapat menuju komputer yang dikirim.Tiap stasiun (komputer) dapat diberi repeater yang berfungsi sebagai :<br />
<span class="fullpost"><br />
<i>Listen state</i><br />
<br />
Tiap bit dikirim kembali dengan mengalami delay waktu.<br />
<br />
<i>transmit Rate</i><br />
<br />
Bila bit yang berasal dari paket lebih besar dari ring maka repeater akan mengembalikan ke pengirim. Bila terdapat beberapa paket dalam ring , repeater yang tengah memancarkan, menerima bit dari paket yang dikirimnya harus menampung dan memancarkan kembali.<br />
<br />
<i>Bypass State</i><br />
<br />
Berfungsi untuk menghilangkan waktu dari stasiun yang tidak aktif.<br />
<br />
<i>Keuntungan Topologi Ring</i>:<br />
<br />
- Kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat diatasi lewat jalur lain yang masih terhubung.</span>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-89389160274384608452010-11-23T18:55:00.001-08:002010-11-23T18:55:41.812-08:00<strong><em>Topologi Mesh adalah</em></strong> topologi yang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak. Komponen utama dalam topologi ini adalah <em>Digital Cross Connect</em> (DXC) dengan lebih dari dua sinyal <em>aggregate</em>, dan tingkat <em>cross connect</em> yang beragam pada level sinyal SDH.<br />
Secara umum jaringan mesh dengan DXC <em>Self-Healing</em> dapat ditandai berdasarkan teknik implementasi yang berbeda-beda sebagai berikut:<span id="more-179"></span><br />
1. Skema kontrol <em>self-healing</em> (terpusat dan terdistribusi)<br />
2. Perutean kembali (<em>rerouting</em>) perencanaan kanal (<em>preplanned</em> dan dinamik)<br />
3. Tingkat restorasi sinyal (restorasi saluran/<em>line</em> dan restorasi kanal/<em>path</em>)<br />
Jaringan DXC disebut jaringan <em>self-healing</em> jika dapat memulihkan demand terpengaruh secara otomatis saat terjadi kesalahan fasilitas serat optik, perangkat atau<em> office</em>. DXC SDH memberikan kemampuan restorasi jaringan melalui perutean alternatif demand. Restorasi prioritas melalui penyusunan kembali path dapat diimplementasikan hanya jika kapasitas <em>spare</em> tersedia dalam jaringan.<br />
Sedangkan kemampuan DWDM dalam hal restorasi dan proteksi pada topologi mesh adalah sebagai berikut:<br />
a. Sistem DWDM memungkinkan pengimplementasian proteksi elektrik dengan sistem 1:N yang disandingkan dengan proteksi optik 1:1 untuk memberikan sistem proteksi yang lengkap.<br />
b. Sistem restorasi DWDM memiliki kemampuan untuk menyimpan <em>bundle</em> yang lebih banyak dari SDH, kecil kemungkinan terjadinya restorasi dan jika terjadi maka waktu restorasi yang dibutuhkan akan lebih singkat.<br />
Jumlah komponen elektrik yang diproteksi menjadi lebih sedikit.<br />
<strong><em><span style="text-decoration: underline;">Keunggulan arsitektur mesh terdiri atas:</span></em></strong><strong><em> </em></strong><br />
1. Ukuran jaringan yang bisa lebih besar, yaitu dengan adanya perangkat DXC, dibandingkan menggunakan arsitektur ring dengan ADM,<strong><em> </em></strong><br />
2. kapasitas spare yang dapat digunakan secara efektif,<strong><em> </em></strong><br />
3. konektivitas jaringan yang tinggi, karena adanya penggunaan bersama kapasitas spare, dan<strong><em> </em></strong><br />
4. keandalan jaringan, yang relatif lama untuk memasuki masa exchausting.<strong><em></em></strong>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-33111441966027230222010-11-23T18:52:00.000-08:002010-11-23T18:52:23.437-08:00<span class="subjudul">Topologi star</span> <br />
<br />
<div class="text_isi">Topologi star merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan. Pada topologi star, kendali terpusat dan semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau komputer yang dipilihnya. Simpul pusat disebut dengan stasiun primer atau server dan bagian lainnya disebut dengan stasiun skunder atau client. Pada Topologi star, koneksi yang terganggu antara suatu node dan hub tidak mempengaruhi jaringan. Jika hub terganggu ( rusak ) maka semua node yang di hubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling berkomunikasi. Node adalah Titik suatu koneksi atau sambungan dalam jaringan, sedangkan hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dan meneruskan kesemua komputer yang terhubung dengan hub.</div><div class="text_isi">Keuntungan menggunakan topologi star yaitu: </div><ol><li class="text_isi" type="a">Fleksibelitas tinggi. </li>
<li class="text_isi" type="a">Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju hub. </li>
<li class="text_isi" type="a">Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan. </li>
<li class="text_isi" type="a">Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan. </li>
<li class="text_isi" type="a">Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus </li>
</ol><div class="text_isi">Kelemahan menggunakan topologi star yaitu: </div><ol><li class="text_isi" type="a">Boros kabel </li>
<li class="text_isi" type="a">Perlu penanganan khusus </li>
<li class="text_isi" type="a">Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.</li>
</ol>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-73006161333867676052010-11-23T18:36:00.000-08:002010-11-23T18:36:56.968-08:00<h2><a href="http://alphee.wordpress.com/2009/01/22/hub-adalah/" rel="bookmark" title="Permanent Link: HUB adalah…">HUB adalah…</a></h2><div class="entry">Definisi hub,switch, router Jaringan komputer berkembang dengan sangat cepat. Salah satu pemicunya adalah kebutuhan untuk berbagi pakai alat (device) maupun data baik pada lokasi yang sama ataupun lokasi yang berbeda. Jaringan komputer yang berada pada lokasi yang sama dengan jarak yang tidak jauh disebut dengan jaringan komputer local (LAN). Topologi yang biasa digunakan pada jaringan lokal ini adalah topologi star. Ini berarti dibutuhkan satu alat tambahan yang disebut dengan hub atau switch. Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps. Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs. Router Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempat dimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan. Router menggunakan HEADERS dan daftar tabel pengantar (Forwarding Table) untuk menentukan posisi yang terbaik untuk mengantarkan sebuah paket jaringan dan juga menggunakan protokol seperti ICMP,HTTP untuk berkomunikasi dengan LAN lainnya dengan konfigurasi terbaik untuk jalur antar dua host manapun</div>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-44251939510377941842010-11-23T18:00:00.001-08:002010-11-23T18:00:16.382-08:00<div style="margin-bottom: 0px; margin-top: 6px;"><b><span style="font-family: Arial; font-size: x-small;"><a href="" name="jaringan"></a>JENIS JARINGAN KOMPUTER</span></b></div><div align="justify" style="margin-bottom: 0px; margin-top: 0px;"><span style="font-family: Arial;"><span style="font-size: x-small;">Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu; </span><br />
<span style="font-size: x-small;">1. Local Area Network (LAN) <br />
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan <i>workstation</i> dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi. <br />
<br />
2. Metropolitan Area Network (MAN) <br />
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. <br />
<br />
3. Wide Area Network (WAN) <br />
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. <br />
<br />
4. Internet <br />
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut <i>gateway</i> guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. <br />
<br />
5. Jaringan Tanpa Kabel <br />
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. </span></span></div>ridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-65312050815176142582010-11-02T19:38:00.000-07:002010-11-02T19:38:30.627-07:00Alasan MencintaimuAku butuh teman untuk melalui..<br />
Aku butuh kawan untuk berbagi<br />
Aku butuh bayangan untuk mengikuti<br />
Aku butuh mentari untuk menerangi<br />
<br />
Aku butuh air untuk menyirami..<br />
Aku butuh pohon untuk meneduhi<br />
Aku butuh pagi setelah gelap hari<br />
Aku butuh tempat untuk kudiami..<br />
Aku butuh tersenyum setelah bersedih<br />
Aku butuh hati untuk disayangi<br />
Untuk itulah kuingin kau tetap disiniridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-2333206324402742217.post-23937301558623478242010-10-26T19:51:00.000-07:002010-10-26T19:51:05.309-07:00*harapan ku*mengapa kau hadir hanya dalam mimpi ku<br />
datang lah kepelukan ku<br />
akan ku sambut kau dengan mesra<br />
ku hanya mengharap kau datang kembali<br />
untuk menemui ku <br />
karna ku sangat merindukan muridho sjhttp://www.blogger.com/profile/00871770976667277671noreply@blogger.com0